Pakai IUD (masih) Bisa Hamil ??

"Udah mbak dorong aja, gapapa, biar luntur ini janinnya"

Kalimat itu mamak dengar dari seorang Ibu yang berdiri di dekat pintu gerbong CL, tepat di rush hour pulang kerja sekitar 2-3 tahun yang lalu. Beliau terdorong dari 2 arah..orang yg mau masuk dan mau keluar gerbong. Dan instead of mencari tempat aman, justru beliau posisikan dirinya di depan mamak sedemikian rupa agar terdorong2 dan kalimat tsb yg keluar dari bibirnya.

Perasaan mamak dengar kalimat itu? Tentu bisa ditebak..bercampur antara heran, sedih, sinis, dan mencela kalimat dan cara berpikir Ibu tsb..memaki2 Ibu tsb dalam hati karena tidak habis pikir dengan apa yg beliau lakukan dan rencanakan..

...

Sampai kemudian, tahun-tahun berlalu..makian dalam hati mamak hari itu, menjadi karma bagi mamak..

Pada akhir tahun 2018 lalu mamak nyaris berpikiran yang sama dengan Ibu tersebut..

...

Semua bermula dari hiruk pikuk menyambut anak ke-2 yang sudah kami (mamak & paksu) tunda selama 7 tahun. Ya, sejak Mbak Anin lahir tahun 2010, selesai masa nifas mamak langsung pasang IUD. Dan IUD itu bertahan tanpa kendala, sampai kami putuskan untuk lepas di Januari 2017.

Juli 2017, akhirnya mamak dinyatakan positif hamil. Dan Maret 2018, si abang Wira,anak kami yg ke-2 pun lahir dengan sehat dan selamat. Hal yg sama pun mamak lakukan kembali. Selesai masa nifas Wira, lgsg pasang IUD lagi. Karena IUD sudah terpasang dan dengan pengalaman IUD sebelumnya yg lancar2 saja, tentu mamak lenggang kangkung aja. Fokus utama adalah nyetok ASIP banyak2 buat kebutuhan Wira.

Di urusan kerjaan pun mamak dapat challenge untuk ngerjain project dgn nilai terbesar sepanjang sejarah karir mamak. Jadi fokus pikiran hanya di soal ASIP dan back on track untuk urusan karir. Khawatir soal isu di departemen reproduksi sama sekali gak terlintas di pikiran mamak, karena IUD sudah terpasang dan jadwal haid relatif lancar.

Sampai suatu ketika menjelang akhir taun 2018, mamak merasa ad yg janggal. Haid tak kunjung datang. Mamak pikir karena masih aktif menyusui, jd haid msh belum betul2 kembali ke siklus yg benar. Mamak cuek bebek. Tapi kok lama2 produksi ASIP menurun? Kalau memang haid belum lancar karena faktor masih menyusui, kenapa justru produksi ASIP turun drastis? Mau tau level kedrastisannya? Biasanya bisa dapet 200ml dr 2 pabrik sekali pumping, skrg 2 pabrik cm dpt 50ml !!!!

Merasa ada yg aneh dan tidak seharusnya begini, mamak iseng2 beli testpack..daaaaaann..garisnya 2 sodara-sodara !!!!!!

Well, tidak semua berita kehamilan disambut dengan riang gembira dan loncat kegirangan si calon ibu..dan ini adalah slh satu contoh dari kejadian tsb..

Mamak cm bengong ngeliatin testpack, gak mau ngabarin suami dulu..dan bertanya, ini maksudnya apa Ya Allah?

Yang terlintas di pikiran mamak cuma, gmn nasib ASI-nya Wira..gmn ngurus bayinya, sementara Wira jg masih kecil bgt..gmn nasib project terbesar mamak..gmn nasib interview sm multinational company yg lagi mamak jalanin..

Dan terlintaslah pikiran itu..YA ALLAH, BOLEH GAK INI HAMILNYA DI-CANCEL AJA DULU ??

...

Takut pikiran mulai tambah aneh2, akhirnya mamak ngabarin paksu soal ini..mo tau reaksi dy? Doi kaget, trs ketawa kegirangan, trs loncat2 kayak anak kecil ^_^"..ya emang dasarnya doi pgn anak banyak..mo tiap tahun beranak jg doi selo..awak ini yg ogah..

Akhirnya paksu nyuruh cek obgyn, terutama hrs cek IUD-nya harus diapain aja..

Mamak pesen ke paksu, jangan kabarin mbak Anin dl sebelum semuanya jelas. Karena jujur mamak khawatir mbak Anin gak siap dapet adek baru. Karena walopun dy sayang dan care bgt sm Wira, mamak sadar dy pasti merasa ada perhatian yang terbelah semenjak Wira lahir. Lah apalagi ini mau ada 1 lagi adeknya.

...

Berangkatlah mamak ketemu obgyn kesayangan dr.Nurfikha Handayani spOg. Beliau pun sama kagetnya pas mamak lapor testpacknya positif. Dan sempet2nya bilang "sepanjang saya pasang IUD, baru ini loh yg jadi Mbak"..

Mamak dijelasin sama doi, ini harus dicek posisi IUD-nya. Kalau masih di tempat yang seharusnya, ya dipertahankan sampai lahiran, nnt keluar / diambil pas lahiran. Tapi kalau sudah bergeser, ya harus diambil, dan diambil ini resikonya adalah abortus.

Mamak cm blg "oh gitu dok"..padahal dalam hati ngebatin "mudah2an bergeser, jd bisa dicancel hamilnya" (iya, I know, ini pikiran jahat sejahat2nya)..

Akhirnya USG transvaginal..dicari2 tu IUD kagak keliatan..akhirnya dokternya minta periksa dalam..

Periksa dalam lah, dan misteri pun terpecahkan pas doi blg "oalah, turun ini mbak Chika IUD-nya, lah ini uda di bawah sini"..dan diambil lah tu IUD cm pake jempol sm telunjuk doi.

Ada yg prnh lepas pasang IUD? Kl yg pernah, pasti tau proses pasang / lepasnya harus melibatkan cocor bebek dan semacam tongkat/jepitan  untuk naro IUD-nya di pangkal rahim. Nah, untuk case mamak, saking turunnya tu IUD, ckp diambil pake jempol sama telunjuk obgynnya..wkwkwk..

Beres copot IUDnya, dperiksalah janinnya..ternyata ud 8 week umurnya..so far sehat, dan kehamilan bisa dilanjutkan..

Sebelum pergi, obgyn mamak smpt blg "ini pasti msh fase denial di mbaknya, mudah2an kita ketemu kontrol bulan depan sudah masuk fase acceptance ya mbak Chika. Urusan nnt abis lahiran mau steril atau IUD lg, dipikir smbl jalan aja. Kita masih pny wkt 8 bulan lagi buat mutusin itu".

Keluar lah mamak dr ruang prakteknya, dengan wajah terpekur. Go judge me..mngkn pada bakal bilang mamak gak bersyukurlah, gak tau diuntunglah, apalah..I wont blame you..karena memang pada masa2 awal itu setan dan ego mamak bersuara lebih lantang daripada nurani mamak..

Sampai di rumah, ngabarin mbak Anin kl bakal punya adek lagi sambil nunjukin print out USG. Mau tau reaksi dy?
Dia teriak alhamdulillah, trs sujud syukur smp nangis..trs blg "Anin mau punya adik lagi buuunnnn"..
Oalah nduk, I wish I could be as happy as you are.. T__T

...

Mamak jalanin hari2 kayak biasa. Project jalan..interview di multinational company itu jg tetep jalan..mulai mengenalkan Wira ke sufor juga, karena stok ASIP uda tipis bgt..

Tapi mamak gak ngabarin siapa2 dulu kalo mamak hamil lg. Gmn mo ngabarin orang, kalo mamak sendiri belum sepenuhnya bisa nerima kenyataan?

Sampai akhirnya, si multinational company ngasih offering, dan di situlah mamak pertama kalinya ngabarin ke org lain kl lg hamil dgn HPL  di akhir Juni 2019..
Mereka sempat kaget dan akhirnya memutuskan untuk (katanya) postpone proses hiring mamak, dan mamak dminta kontak lagi after lahiran..mamak cm manggut sambil lemes..makin berat nerima kenyataan kalau harus hamil lagi..

...

Njalanin kehamilan dengan setengah hati..minum vitamin bolong2..sama sekali nggak mensyukuri nikmat..

Sampai suatu malam, pada titik klimaks mamak menyalahkan takdir, ada video youtube yg nyentil mamak..smp mamak nangis tergugu-gugu dan langsung ambil sajadah buat solat tobat..

Videonya ecek2 bgt..cm soal Zaskia Sungkar liburan bareng Raffi Ahmad n Baim Wong ke Jepang..tp di video itu, sempet kedenger celetukan2 yg menggambarkan betapa si Zaskia n suaminya berusaha menjaga akidah mereka..mamak amaze..

Lanjut browsing video lg, eh kebukalah video anniversary si Zaskian sm Irwansyah. Dan di video itu, ada rekaman papanya Zakia blg "kalau Allah sudah menakdirkan kalian punya keturunan, Kun Fayya Kun..tidak ada yg mustahil bagi Allah"..

Meeeeeeeennnnn..kelar nonton tu video mamak cerembaaaaaiiiiii...nangis senangis2nya..

Mamak kayak ditampar gitu..di kepala mamak kyk ada yg blg :

"YANG NGASI IZIN LU HAMIL ITU ALLAH, SIAPA ELU BERANI2 NYALAHIN ALLAH? NOH LIAT, ADA ORANG DENGAN LEVEL IBADAH DAN MATERI KAYAK MEREKA AJA ALLAH MASIH BELUM KASIH ANAK..NAH ELU IBADAH MASIH CETEK, MATERI JUGA CUMA SEGITU DOANK, TAPI ALLAH UDA PERCAYA AMA ELU..KAGAK MALU LU?"

Langsung lah mamak nangis smp bengek..

Itulah turning point mamak..keluar dari fase denial dan masuk fase acceptance..
Mamak awal tau hamil itu usia kandungan 8 week, dan baru masuk fase acceptance di usia 20 week..jadi perlu 12 pekan buat mamak bisa menerima takdir..meeeenn.. *lap aer mata dulu*

Akhirnya mamak mulai berkabar ke orang2 kalau hamidun lagi..termasuk lapor ke atasan juga. Dan doi lgsg kaget..wkwkwkw..
Pak Bos cm blg : ya ampun Chikaaaa..gw kehilangan lu lagi 3 bulan..wkwkwkwkwk..
Maapin saya ya Pak Bos..eh salah..maapin suami saya ya Pak Bos..kan doi yg berbuat :D :D :D

...

Now I have 6 weeks to go before in partus. Sejak masuk fase acceptance, my steps feel so much lighter..yg gmn gak lighter, wong ya wis nerimo..wkwkwk..

Sehat-sehat di dalem Nak..kita ketemu 6 pekan lagi insyaAllah


Kl memang dgn hamil ini project gede mamak harus dioper k org lain, ya brarti Allah ngasi kesempatan mamak untuk bisa lebih fokus ke kehamilan..

Kl memang hiring process ke company idaman mamak harus tertunda or even canceled krn hamil ini, ya brarti menurut Allah company yg sekarang masih yg terbaik buat mamak dan keluarga..

Manusia kan cm pelakon drama..ada Sang Maha Sutradara yang mengatur segalanya..tak cuma sekedar mengatur, Dia juga menjamin segalanya..

"Barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (kebutuhan)nya." (QS. at-Thalaq: 3)

Manusia tak perlu lah banyak risau dan galau..Allah cuma menyuruh kita sabar dan khusnudzon sm semua takdir-Nya..selebihnya ya tinggal jalani dan pasrahkan..kurang enak opo coba? :D

"Tidak ada sesuatupun melainkan pada sisi Kami-lah khazanahnya; dan Kami tidak menurunkannya melainkan dengan ukuran yang tertentu." (QS. al-Hijr: 21)

Akhirul kalam, mamak minta doanya ya..semoga tobat mamak diterima Allah..dan semoga proses persalinan nanti bisa berjalan lancar..sehat semua ibu dan bayinya..aaminn..

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

One Step Closer to Baitullah..Bismillah

My Account Has Returned